Sekodilemo.net

Seputar Berita Dunia

Masalah Kemiskinan dalam Kehidupan Sosial

Masalah Kemiskinan dalam Kehidupan Sosial selalu menjadi penyakit sosial yang melanda berbagai bangsa terutama di Indonesia. Kemiskinan sebagai problem sosial telah merasuki berbagai golongan yang tidak sama sekali pandang bulu. Itu;ah sebabnya, musuh terberat dalam kehidupan manusia adalah kemiskinan.

Kemiskinan adalah keadaan dimana terjadi ketidak mampuan memenuhi kebutuhan dasar seperti makana, pakaian,tempat berlindung,pendidikan dan kesehatan. Kemiskinan dapat disebabkan oleh kelangkaan alat pemenuh kebutuhan dasar, ataupun sulitnya akses terhadap pendidikan dan pekerjaan. Kemiskinan merupakan masalah global. Sebagian besar orang memahami istilah ini sebagai sebyektif dan komparatif., sementara yang lainnya melihatnya dari segi moral, dan evaluative, dan yang lainnya lagi memahaminya dari sudud ilmiah yang mapan.

Masalah Kemiskinan dalam Kehidupan Sosial

Kemiskinan dipahami dari berbagai cara. Pemahaman utamanya mencakup:

    1. Gambaran kekurangn materi, yang biasanya mencakup kebutuhan pangan sehari-hari, sandang, perumahan, dan pelayanan kesehatan. Kemiskinan dalam arti ini dipahami sebagai situasi kelangkaan barang-barang dan pelayanan dasar.
    2. Gambaran tentang kebutuhan sosial, termasuk keterkucilan sosial, ketergantungan, dan ketidakmampuan untuk berpartisipasi dalam masyarakat. Hal ini termasuk pendidikan dan informasi. Keterkucilan sosial biasanya dibedakan dari kemiskinan, karena hal itu mencakup masalah-masalah politik dan moral, dan tidak dibatasi dari bidang ekonomi. Gambaran jenis kemiskinan lebih mudah diatasi dari gambaran yang lainnya.
    3. Gambaran tentang kurangnnya pengahasilan dan kekayaan yang memadai. Makna “memadai” di sini sangat berbeda-beda melintasi bagian-bagian politik dan ekonomi diseluruh dunia. Gambaran tentang hal ini dapat diatasi dengan mencari objek penghasilan diluar profesi secara halal.

Adapun kata fakir diartikan sebagai orang yang sangat miskin. Secara etimologi makna yang terkandung bahwa kemiskinan sarat dengan masalah komsumsi. Hal ini bermula sejak masa non-klasik dimana kemiskinan hanya dilihat dari interaksi negatif (ketidakseimbangan) antara pekerja dengan upah yang diperoleh.

Kemiskinan juga diartikan sebagai suatu keadaan dimana seseorang tersebut bergumul dengan kehidupannya yang buruk akibat tidak mempunyai apa-apa dalam hidupnya atau dapat diartikan sebagai kondisi serba kekurangan dalam arti minimnya materi yang dimana mereka ini tidak dapatmenikmati fasilitas pendidikan, dan juga kesehatan bagi diri mereka. Seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, maka perkembangan arti definitif dari pada kemiskinan adalah sebuah keniscayaan.

Berawal dari sekedar ketidakmampuan memenuhi kebutuhan komsumsi dasar dan memperbaiki keadaan hingga pengertian yang lebih luas yang memasukkan sosial dan moral. Misalnya, pendapat yang diutarakan oleh Ahli Khomsan bahwa kemiskinan timbul oleh karena minimnya penyediaan lapangan kerja diberbagai sector, baik sector industry maupun pembangunan. Senada dengan pendapat diatas adalah biasanya kemiskinan ditimbulkan oleh ketidakadilan faktor produksi, atau kemiskinan adalah ketidakberdayaan masyarakat terhadap system yang diterapkan oleh pemerintah sehingga merekat berada pada posisi yang sangat lemah dan tereksploitasi.

REFLEKSI

Refleksi saya tentang kemiskinan yaitu: sebagai situasi serba kekurangan yang terjadi bukan karena kehendak oleh orang-orang yang tergolong miskin, melainkan karena keadaan yang tidak dapat dihindari dengan kekuatan atau kemampuan yang dimilikinya. Kemiskinan pun juga saya pahami sebagai golongan orang-orang yang kekurangan barang-barang dan pelayanan-pelayanan yang dibutuhkan untuk mencapai suatu standar hidup yang layak.

Baca trik mengatasi kemiskinan:

Pendidikan dan Tehknologi, Manfaat Jaringan Global

Pertanyaan sebagai refleksi dalam kehidupan kita, terutama kepada Mahasiswa di Perguruan Tinggi:
1. Bagaimana cara menanggulangi terjadinya kemiskinan di dalam masyarakat?
2. Mengapa kemiskinan selalu berkaitan dengan kehidupan sosial dalam masyarakat?

Semoga artikel di atas bisa bermanfaat untuk anda sekalian. salam Agen SEO Indonesia

Baca juga ulasan Seputardunia.online Mengenai topik ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sekodilemo.net © 2017 Frontier Theme
error: Content is protected !!